Entri Populer

Minggu, 12 Juni 2011

Panduan memilih monitor yang baik untuk PC

monitor bagus itu bukan yang mahal,,bagi anda yang mungkin tidak cukup dana untuk membeli PC yang gress terutama monitor nie saya kasih tips untuk mendapatkan monitor yang bagus tapi murah walaupun barang second....
Berikut tips untuk Anda yang ingin membeli monitor CRT second, tips sederhana memilih Monitor CRT Second yang berkualitas agar tidak menyesal di kemudian hari.
  1. Hidupkan monitor, perhatikan respon monitor di layar kira-kira 30 detik, matikan dan hidupkan lagi, jika terlalu lambat jangan dibeli(kecuali ada alasan khusus).
  2. Ketika monitor dalam kondisi hidup, putar-putar tombol funsional(untuk yang analog) atau tekan-tekan di monitor seperti contras, brighnest dll, pastikan semuanya sejalan dengan kecepatan Anda memutar/menekan dan tanpa ada kedipan atau ada sinar berupagaris horisontal di layar monitor.
  3. Dalam kondisi hidup guncang-guncang monitor tersebut, pastikan di layar monitor tidak ada perubahan apapun pada saat di guncang.
  4. Matikan monitor, kemudian lihat respon pada CRT, apabila Anda melihat ada cahaya pelangi berbentuk bulat kecil atau cahaya putih berbentuk bulat kecil setelah di matikan, jangan pernah Anda nekadbeli (diprediksikan usia CRT/layar tidak bakalan lama lagi).
  5. Lebih baik cari monitor second yang branded daripadarefurbish/rekondisi.
Berikut beberapa ciri-ciri monitor refurbish/rekondisi secara fisik:
  • Kwalitas cat pada casing monitor kasar dan tidak rapi.
  • Perhatikan pada kaki monitor, di beberapa monitor refurbish tidak menggunakan kaki monitor yang cocok, ada yang dipaksa dengan di skrup dan ada juga yang menggunakan twister (tali plastik).
  • Perhatikan pada kabel signal/dataKabel data/signal refurbishbiasanya di cat sesuai dengan warna fisik monitor.
  • Perhatikan baik-baik pada tampilan layar/CRT, beberapa monitor refurbish mengalami over bright (tampilan terlalu putih) atau bahkan kurang terang, disebabkan flyback yang telah di cangkokatau kondisi CRT sudah uzur.

1 komentar: